Kamis, 31 Januari 2013

4 Tips ajarkan anak mengelola uang


4 Tips ajarkan anak mengelola uang


4 Tips ajarkan anak mengelola uang




Salah satu tantangan bagi orang tua adalah mengajarkan anak menggunakan uang dengan benar. Orang tua perlu mengajarkan ide untuk mengelola uang dengan baik sejak anak berusia muda.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan anak mengenai pengeluaran dan tabungan, seperti :
1. Tunjukkan cara kelola uang
Pertama orang tua bisa menunjukkan pada anak bagaimana mereka mengelola keuangan. Orang tua bisa menunjukkan cara membagi pengeluaran, menjelaskan pada anak mengenai kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi, serta berapa uang yang harus disisihkan untuk tabungan.
2. Ajak anak ke bank
Dengan mengajak anak ke bank, orang tua tak hanya menunjukkan kebiasaan baik, namun juga mengajarkan anak bagaimana membuat dan menyimpan tabungan di bank.
3. Ajak berbelanja
ketika berbelanja, orang tua bisa menunjukkan pada anak bagaimana cara mengeluarkan uang secara bijak. Ajak anak menentukan barang apa saja yang dibutuhkan di rumah. Berikan mereka daftar belanjaan dan daftar harga sehingga mereka tahu bagaimana cara berhemat.
4. Belikan tabungan
Belikan mereka tabungan kecil untuk menyimpan uang di rumah. Ini mengajarkan mereka hidup hemat dan tidak boros. Jika mereka menginginkan sebuah benda, ajak mereka menabung untuk bisa membelinya sendiri.
Empat langkah di atas bisa Anda terapkan untuk mengajarkan anak mengelola keuangan sejak kecil. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar