Selasa, 22 Januari 2013

Alasan Pria Mendekati Wanita Bersuami


  Anda & Pria 
Alasan Pria Mendekati Wanita Bersuami


Femina Anda & Pria
Tidak hanya di film-film. Di dunia nyata, masih ada pria lajang yang mengejar wanita yang sudah menikah. Menurut Dr. Charles E. Damping, psikiater dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, hal itu terjadi karena bagi sebagian pria lajang, cincin kawin yang melingkar di jari manis wanita, tidak berarti apa-apa. ”Sebab, ada pria yang menganggap cincin tersebut dipakai sebagian wanita hanya untuk proteksi.” kata Dr. Charles.

Kalau hanya sebatas jatuh cinta, sekadar mengagumi dari jauh, menurut Dr. Charles, tak jadi masalah. Masalahnya, ada saja pria yang masih nekat mendekati wanita yang jelas-jelas sudah punya suami, bahkan punya anak. Hal itu terjadi karena pada sebagian pria, jika sudah jatuh cinta, tidak akan peduli pada halangan apa pun.

Faktor lain yang membuat pria tetap nekat mendekati wanita bersuami adalah karena pria tersebut tak menangkap sinyal penolakan dari wanita incarannya. Karena tidak tegas-tegas ditolak dan dilarang mendekat, pria tersebut merasa masih ada harapan.

Dr. Charles juga mengatakan bahwa kenekatan seperti itu bisa jadi dipicu oleh cerita-cerita film Barat, yang mengajak orang berjuang demi cinta. Selain itu, ia juga melihat adanya pergeseran nilai budaya. Pria zaman dahulu akan sungkan, malu, dan tidak nyaman, jika mendekati wanita menikah. Tapi,sekarang, hal itu sudah tak jadi masalah besar.

Tidak dapat dipungkiri, ada pria yang akan sakit hati dan dendam jika ditolak, meskipun sejak awal ia sudah paham risikonya. Menurut Dr. Charles, rasa sakit hati itu bisa disalurkan dalam dua cara, yaitu secara positif atau negatif. Penyaluran yang positif, pria itu akan mencari wanita lain yang lebih baik daripada wanita yang menolaknya.

”Sedangkan yang penyalurannya negatif akan mampu berbuat apa saja. Seperti mendendam dan berusaha merusak hubungan antara wanita itu dan suaminya. Mungkin ia berprinsip, ’Jika aku tak bisa memiliki dia, orang lain pun tak boleh memilikinya.’ Ini menunjukkan bahwa pria tersebut memiliki kepribadian yang tidak dewasa,” jelas Dr. Charles. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar