Sabtu, 09 Februari 2013

Kanker Payudara

SEKILAS INFO .. HATI - HATI UNTUK PEREMPUAN :

Hati-Hati! Kanker Payudara Terkait dengan Lingkungan Beracun

Memang anda tidak akan menghirup gas atau mandi dengan cat thinner, namun bila anda terpapar sedikit saja unsur dari barang-barang beracun, maka juga tidak aman.

Satu laporan terbesar setebal 300 halaman yang pernah dibuat berisi tentang hubungan kanker dengan lingkungan beracun memberi saran yang wajib diperhatikan. Intinya hindari atau lindungi diri anda dari lingkungan sarat partikel kimiawi yang meningkatkan risiko kanker payudara.

Banyak yang kita belum tahu mengenai ancaman kanker dari lingkungan. Kanker kadang butuh berdekade untuk mengembangkan diri, dan selama berdekade pula manusia modern kian terpapar dengan ribuan senyawa kimia. Begini rangkumannya.
Sekitar 34 ribu kasus kematian akibat kanker disebabkan karena polutan lingkungan

Laporan menyatakan ada hubungan kuat antara penderita kanker dengan gas yang tak langsung dihirup, asap knalpot, rokok dari teman duduk sebelah, aroma cat dan yang lain.
Banyak material mengandung senyawa kimia mirip hormon, seperti plastik, pestisida yang juga menjadi masalah.
Jangan merespon sepele anjuran tersebut. Sebaiknya mulailah hindari barang-barang berpotensi racun tinggi saat ini juga. Inilah empat anjuran sederhana dari Real Age

1 Jangan bernafas dekat-dekat ini: asap tembakau dari rokok, uap bensin, dan asap knalpot. Mereka sangat terkait erat dengan kanker paydara. Bila memungkinkan jauhkan diri anda dari asap rokok orang lain. (Anda tidak merokok bukan?)

2. Gunakan peralatan seperti ini di luar rumah: cat, lem, cat semprot dan barang-barang lain yang mengeluarkan uap aroma kuat. Coba cari area hijau untuk mengerjakan proyek-proyek yang melibatkan barang-barang tadi.

3. Menyingkirlah dari penggangu hormon. Salah satu yang paling terkenal adala BPA, karena terkait dengan protein ditemukan dalam 30% wanita penderita kanker payudara. BPA sebagian besar terkandung dalam peralatan makanan terbuat dari plastik tebal seperti botol plastik, piring dan mug. Beruntung material itu sudah disingkirkan. Tetapi waspadalah selalu, karena BPA hampir dijumpai di setiap makanan kalengan.

4. Pilih-pilihlah ketika membeli peralatan rumah tangga dan produk perawatan tubuh. Ini serius karena banyak kontroversi karsinogen mengenai senyawa kimia tertentu dalam kosmetik, sampo, sabun dan banyak lagi. Environmental Working Group memiliki database produk-produs bebas-cemas.

Satu lagi, pemicu kanker payudara bukan hanya racun, banyak faktor lain seperti pola makan dan gaya hidup. Tapi paling tidak anda sudah memotong risiko tadi dengan melakukan sejumlah saran tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar