Senin, 02 November 2015

7 cara jitu menabung demi kualitas hidup yang lebih baik

Mereka yang mampu menyisihkan uang secara tepat bisa dikatakan memiliki kualitas hidup yang sangat baik.




  • Menabung bisa dikatakan susah-susah gampang, tergantung karakter masing-masing. Yang konsumtif tentu kesulitan untuk menabung. Berapapun pendapatan Anda, jika selalu tergiur untuk memiliki barang-barang bermerek terbaru maka akan terasa tidak ada bedanya. Perubahan akan datang ketika sudah mulai ada niat dan tekad atas konsekuensi untuk menabung. Cobalah untuk menjalani beberapa tips ini untuk mulai menabung.
  • 1. Ajukan potongan gaji di awal bulan

    Cara ini cukup jitu untuk meminimalkan keinginan belanja, sebab jumlah uang yang Anda terima tidak cukup besar untuk dapat konsumtif. Selain itu, gaji Anda akan datang dua kali dalam sebulan. Tentu saja, hal ini harus dikonsultasikan kepada perusahaan.
  • 2. Titipkan kepada orang yang dipercaya

    Ketika ada uang di tangan dan Anda tidak sempat ke bank, tentu jadi ingin belanja. Maka dari itu, titipkan kepada saudara atau teman terpercaya untuk menitipkan uang Anda selama belum ada waktu pergi ke bank.
  • 3. Tidak gunakan uang 2.000 atau 5.000

    Gunakan cara unik sebagai berikut: Anda tidak membelikan apapun dengan lembaran 5.000. Jadi kapan saja Anda memiliki uang tersebut, harus dimasukkan ke dalam celengan. Lakukan dengan cermat, dan lihat hasilnya setelah satu atau dua tahun.
  • 4. Hindari menyiapkan uang cash dalam jumlah besar di dalam dompet

    Jangan terbiasa menyimpan uang cash dalam jumlah yang cukup banyak di dalam dompet. Selain dapat meminimalkan resiko kerugian dari tindakan kejahatan, juga dapat mengurungkan niat untuk hal-hal yang tidak penting.
  • 5. Perhitungkan terlebih dahulu sebelum uang akan ditabung

    Menabung juga tidak boleh asal tabung. Jika uang sudah terlanjur ditabung dan ternyata masih ada kebutuhan primer yang belum terpenuhi, uang yang seharusnya untuk hal lain malah terpakai dulu. Atau kemungkinan terburuk mengakibatkan hutang. Sedangkan hutang adalah salah satu penyebab Anda tidak bisa menabung.
  • 6. Menabunglah di awal bulan atau hari-hari dekat setelah gajian

    Tabunglah di hari-hari dekat setelah Anda terima gaji. Jika terlalu lama memegang uang jumlah banyak, Anda akan dihantui sifat konsumtif. Jadi jangan sampai terlalu lama jarak menerima gaji dengan niat Anda untuk menabung.
  • 7. Kontrol diri untuk tidak lapar mata

    Jangan sampai terlalu lapar mata, melihat sesuatu yang baik di mata belum tentu baik di dompet. Terkadang niat yang setengah-setengah akan mengakibatkan uang yang seharusnya ditabung kalah dengan barang bagus di depan mata dan akhirnya menyesal ketika di rumah.
    Menabung merupakan perang melawan diri sendiri karena banyak sekali godaan di depan mata. Namun menabung mempunyai nilai positif untuk kualitas hidup yang lebih baik. Belum tentu orang yang mempunyai barang bagus dan terbaru merupakan memiliki hidup yang berkualitas. Sedangkan orang dengan kemampuan menabung bisa dibilang mempunyai kualitas hidup sangat baik.
  • Sumber:
  • Andrean Setiadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar