Senin, 02 November 2015

Membuka bisnis dengan modal 0 %. Bisa!

Bisnis tanpa modal bukan mimpi belaka! Yang dibutuhkan adalah keseriusan dan kecermatan dalam mencari peluang.



  • Mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang memang semakin sulit. Akhirnya banyak yang banting setir menjadi wirausahawan demi mendapatkan penghasilan yang mumpuni. Padahal, membuka bisnis tentu membutuhkan modal. Tapi bukan berarti Anda tak bisa memulai jika tak punya dana. Penasaran? Inilah caranya:
  • 1. Kesempatan dari teman baik

    Manfaatkan kesempatan dari teman dekat seperti pinjaman dana untuk investasi. Pastikan bahwa bisnis akan berjalan dan buat rencana bisnis yang matang agar dapat dia percaya dengan usaha Anda.
  • 2. Pergunakan sisa ruang di rumah sebagai kantor

    Anda tak perlu bingung menyewa tempat. Gunakan sisa ruang di rumah sebagai kantor kecil untuk bisnis Anda. Anda perlu konsentrasi agar mampu menciptakan strategi yang jitu dalam berbisnis, bukan?
  • 3. Merekrut rekan kerja

    Anda membutuhkan bantuan tenaga yang mumpuni untuk mengolah bisnis. Bantuan dari rekan terdekat yang berkualitas akan membantu bisnis menuju kesuksesan.
  • 4. Sistem bagi hasil

    Untuk meminimalisir pengeluaran rutin selama bisnis masih dikembangkan, sistem bagi hasil akan lebih hemat, tentunya didasari oleh kesepakatan. Sistem ini juga bersifat transparan untuk menjaga kepercayaan para investor.
  • 5. Internet marketing

    Buatlah website untuk membantu memasarkan produk, memperkenalkan bisnis Anda kepada dunia, dan mendapatkan penilaian baik atau buruk sebagai bahan perbaikan demi mencapai keberhasilan.
  • 6. Tetap fokus dan perbanyak relasi

    Omset naik-turun adalah wajar. Diperlukan kesabaran dan siap perang melawan pesaing agar dapat bertahan dalam menjalani bisnis. Tetap fokus dan inovatif dalam satu usaha lebih dahulu. Cari titik lemah bisnis Anda dan berusaha mengatasinya. Jangan lupa, dibutuhkan relasi yang cukup banyak sebagai inspirasi guna mengatasi masalah bisnis.
  • 7. Kerja paruh waktu

    Ini hanya alternatif lain untuk menutupi jumlah modal. Jika memang dibutuhkan, sisihkanlah setengah atau sepertiga dari gaji untuk menambah modal. Gunakan pekerjaan paruh waktu hanya untuk kebutuhan tertentu saja sebab pikiran Anda harus tetap fokus pada usaha Anda sendiri.
  • 8. Negosiasi yang baik

    Jika bisnis sudah mulai berjalan dan Anda ingin lebih mengembangkan usaha dan membutuhkan modal yang lebih banyak, Anda dapat mencoba bernegosiasi dengan beberapa pihak bank dengan bunga rendah berjangka panjang. Jangan mengambil resiko yang terlalu berat tanpa rencana yang matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar