Minggu, 25 November 2012

Kesalahan Persepsi Pengganggu Komunikasi


Kesalahan Persepsi Pengganggu Komunikasi

Men are from Mars, women are from Venus. Istilah itu sering muncul untuk menjelaskan sulitnya komunikasi antara pria dan wanita. Pada kenyataannya pria dan wanita memang memiliki banyak perbedaan yang menimbulkan miskomunikasi yang berujung pada kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa contoh kesalahan persepsi wanita terhadap pria yang bisa diperbaiki dengan mudah demi melancarkan komunikasi Anda dengan pasangan:
1. Menganggap ada maksud tersembunyi di balik perkataan pria
Percayalah pada apa yang dia katakan tanpa menganggap ada maksud tersembunyi di baliknya. Bila dia membatalkan janji dengan Anda karena ada pekerjaan mendadak, memang itulah jawaban yang sesungguhnya dan bukan berarti karena dia ingin menghindari Anda atau ingin mengakhiri hubungan dengan Anda.
2. Mengharapkan dia selalu bersama Anda sepanjang waktu
Biarkan pasangan Anda memiliki dunianya sendiri dan melakukan hal yang dia sukai. Sangat berlebihan untuk mengharapkan dia akan memberikan semua waktunya sepenuhnya untuk Anda.
3. Menganggap bahwa pria bisa melakukan apa saja
Salah satu kelebihan wanita dibandingkan pria adalah kemampuan wanita untuk melakukan beberapa hal pada saat bersamaan (multi-tasking). Secara alami, pria adalah pemburu. Jadi mereka menjaga pandangan pada target dan memfokuskan diri pada apa yang sedang mereka kerjakan saat itu. Jadi jangan tersinggung bila pria tampak teralihkan perhatiannya bila Anda mengajaknya berbicara saat dia sedang melakukan hal lain.
Pada dasarnya untuk menghindari semua kesalahan persepsi ini Anda hanya perlu menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan Anda. Dengan komunikasi yang efektif, keharmonisan rumah tangga akan lebih mudah dijaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar