Minggu, 25 November 2012

jaga Komunikasi dengan Pasangan


Tips Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Salah satu kunci hubungan yang sehat dengan pasangan adalah komunikasi. Statistik bahkan menunjukkan bahwa salah satu alasan yang paling banyak menjadi penyebab perceraian adalah masalah komunikasi. Padahal ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga dan memperbaiki komunikasi dengan pasangan:
1. Menjadi pendengar yang baik
Pendengar yang baik tidak hanya sekedar mendengar, tapi juga memberikan tanggapan. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan perkataan pasangan Anda. Asyik menonton TV saat pasangan Anda sedang menceritakan harinya yang berat akan membuatnya merasa tidak dihargai.
2. Ungkapkan perasaan dengan jujur
Bila ada sesuatu dari pasangan yang tidak Anda setujui, segera ungkapkan hal tersebut dengan hati-hati. Jangan tunggu sampai masalah menumpuk, dan jangan membahas masalah tersebut saat Anda sedang marah dan emosiional.
3. Luangkan waktu
Lepas diri Anda dan pasangan dari rutinitas sehari-hari, seperti pekerjaan kantor dan rumah, dan luangkan waktu untuk rileks bersama pasangan Anda. Hal sesederhana duduk dan ngobrol sambil menikmati teh kesukaan sesudah waktu makan malam pun bisa memberikan efek positif. Jadikan hal ini sebagai suatu ritual yang Anda dan pasangan nantikan saat sedang jenuh bekerja.
4. Bicaralah tentang apa saja
Komunikasi dengan pasangan tidak terbatas pada hal-hal seperti keuangan keluarga atau rutinitas bekerja di kantor. Berbagi hal sederhana seperti membicarakan musik kesukaan atau buku yang baru selesai dibaca pun penting.
5. Mencari hobi bersama
Bila Anda dan pasangan Anda memiliki hobi yang sama, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi tersebut bersama-sama. Bila Anda dan pasangan Anda tidak memiliki hobi yang sama, lakukanlah hal baru bersama-sama sampai kalian menemukan hobi baru yang kalian sukai. Tidak ada obat yang lebih ampuh daripada tawa Anda dan pasangan Anda saat melakukan suatu hal bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar