Kamis, 17 Januari 2013

PERJALANAN ABADI


PERJALANAN ABADI

 




Alam Kubur



Alam Kubur Adalah awal persinggahan menuju akhirat. 
Ia merupakan lubang neraka bagi orang kafir dan orang munafik, 
namun merupakan taman bagi orangmukmin. 

Ada siksa didalam kubur atas beberapa maksiat, seperti: tidak membersihkan diri dari air kencing, mengadu domba, dusta, tidur melalaikan sholat, berzina, tidak membayar hutang dan lain-lain. 

Yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur adalah: orang yang mati syahid, orang yang menjaga perbatasan dari musuh, orang yang meninggal pada hari jumat, orang yang meninggal karena sakit perut dan lain-lain.



Tiupan Sangkakala




Tiupan Sangkakala Ialah sangkakala besar 

yang dikulum oleh malaikat israfil, 

setelah menunggu kapan diperintahkan untuk meniupnya, yaitu tiupan Faza' (kematian) 
maka hancurlah alam semesta. 

Kemudian setelah 40 masa 
ditiuplah dengan tiupan Baats (kebangkitan). 

Berdasarkan firman Alloh "Kemudian ditiuplah sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (keputusan masing-masing).


Hari Kebangkitan



Kemudian Alloh menurunkan hujan, maka tumbuhlah jasad-jasad (dari sebiji tulang pangkal ekor) dan menjadi ciptaan baru yang tidak mati. Mereka dibangkitkan dalam keadaan tidak beralas kaki dan tidak berpakaian. Mereka dapat melihat para malaikat dan jin, dibangkitkan sesuai dengan amal perbuatan mereka.


Padang Mahsyar


Alloh mengumpulkan semua makhluk untuk dihisab. Mereka semua dalam kondisi ketakutan seperti orang mabuk, pada hari yang agung masanya setara dengan 50 ribu tahun. Seakan-akan dunia mereka hanyalah sesaat saja. Matahari menjadi dekat sejauh 1 mil, dan manusia tenggelam dalam keringat mereka sesuai dengan amal perbuatan mereka. Pada hari itu terjadi perseteruan antara orang-orang yang lemah dan para pembesar mereka ketika didunia.Orang kafir berseteru dengan sesamanya, dengan setannya dan dengan anak buahnya dan mereka saling melaknat. Orang yang zalim akan menggigit kedua tangannya. Neraka jahannampun didatangkan, ditarik dengan 70.000 tali kekang, setiap tali kekang ditarik oleh 70.000 malaikat.Jika orang kafir melihatnya, iya berharap menjadikan dirinya sebagai tebusan atau menjadi debu.Adapun para pelaku maksiat, maka orang yang tidak membayar zakat, hartanya dijadikan lempengan api lalu ia diseterika dengannya. Sedang orang-orang yang sombong dan angkuh mereka dikumpulkan bagaikan semut. Para pelanggar janji, pengkhianat dan perampas harta orang lain akan diungkap kejahatannya, dan pencuri akan datang dengan membawa barang curiannya. Segala sesuatu yang tersembunyi akan ditampakkan. Adapun orang-orang yang bertakwa, hal itu tidak menjadikan mereka takut, bahkan hal itu berlalu bagaikan sholat dzuhur.



Syafa'at


Syafa'at Uzhma (agung): Khusus bagi nabi Muhammad Sollallohu Alaihi Wasalam untuk semua umat manusia pada hari mahsyar agar dibebaskan dari malapetaka yang hebat dan segera dihisab. 

Adapun syafa'at 'Ammah (umum) adalah bagi nabi Muahammad Sollallohu Alaihi Wasallam dan selain beliau, seperti mengeluarkan orang-orang yang beriman dari neraka dan mengangkat derajat mereka.



Hisab (Perhitungan)

Manusia dihadapkan pada Rabb mereka   dengan bersaf-saf. 
Kemudian diperlihatkan amal mereka, dan 
mereka dimintai pertanggungjawabannya. 
Begitu pula tentang umur, masa muda, harta benda, ilmu, janji, kenikmatan, pendengaran, penglihatan dan hati.



Catatan Amal

Kemudian catatan amal perbuatan manusiapun dibagikan, maka mereka menerima suatu kitab yang "Tidak meninggalkan sesuatu yang kecil dan tidak pula sesuatu yang besar, melainkan ia mencatat semuanya. 

"Orang mukmin menerimanya dengan tangan kanan, 

sedang orang kafir dan munafik menerimanya dengan tangan kiri dari belakang punggungnya.





Mizan (Neraca)
Kemudian amal perbuatan semua makhluk ditimbang untuk diberikan kepada mereka balasannya, dengan timbangan yang hakiki dan teliti sekali. 

Neraca ini mempunyai 2 piringan, menjadi berat dengan amal-amal perbuatan yang sesuai dengan syariat dan ikhlas karena Alloh. Diantara yang memberatkan neraca tersebut adalah ucapan Lailaha illalloh, akhlak yang baik dan dzikir seperti bacaan Alhamdulillah, Subhanalloh wabihamdihi Subhanallohil adzim.
Haudh (Telaga)

Kemudian orang-orang mukmin mendatangi telaga. Siapa meminum darinya maka tidak akan pernah merasa haus selamanya. 

Setiap nabi mempunyai telaga

yang paling agung adalah  telaga nabi Muhammad Sollallohu Alaihi Wassallam. 
Airnya lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, dan lebih wangi dari minyak kasturi. Bejananya terbuat dari emas dan perak dan jumlahnya seperti bilangan bintang. Panjangnya lebih jauh dari jarak antara kota Ailah diYordania dan Kota Aden diYaman. Airnya mengalir dari sungai Al Kautsar.





Ujian Bagi Kaum Muslimin

Pada hari akhir dipadang mahsyar orang-orang kafir mengikuti tuhan-tuhan yang mereka sembah, lalu menghantarkan mereka keneraka secara berbondong-bondong seperti kawanan binatang ternak. 
Tidak ada yang tersisa kecuali orang-orang mukmin dan orang-orang munafik. 

Kemudian datanglah Alloh kepada mereka dan berfirman  "Apakah yang kalian tunggu?"
Mereka menjawab "Kami menunggu Rabb kami". Maka mereka mengetahuiNya ketika betisNya disingkap, lalu mereka bersimpuh sujud kecuali orang-orang munafik. Lalu mereka mengikuti Rabb mereka, 

Diapun membentangkan  shirat (titian) untuk mereka lewati. Orang-orang mukmin pada hari itu diberi cahaya olehNya, 
sedang cahaya orang-orang munafik dipadamkan.






Shirat (Titian)


Berupa jembatan  yang membentang diatas neraka Jahannam untuk dilewati oleh orang-orang mukmin menuju surga. 

Nabi Sollallohu Alaihi Wassalam menggambarkan bahwa shirat itu "Licin dan menggelincirkan, disana terdapat kait-kait seperti duri pohon Sa'dan, lebih tipis dari rambut dan lebih tajam dari pedang". 

Ditempat inilah orang-orang mukmin diberi cahaya sesuai dengan amal perbuatan mereka. 

Yang paling tinggi dimereka  besar cahayanya seperti gunung dan 

yang paling rendah dari mereka  cahayanya terdapat pada ujung jempol kakinya. 

Cahaya itu menyinari mereka sehingga  mereka melewati shirat sesuai dengan amal perbuatan mereka. 
Ada orang mukmin yang melewati shirat itu secepat kedipan mata, 
ada yang secepat kilat, 
ada yang secepat angin, 
ada yang secepat burung, 
ada pula yang secepat kuda pilihan terbaik, dan 
secepat unta tunggangan. "
Ada yang selamat tanpa cacat, 
ada yang tergores akan tetapi selamat, dan 
ada pula yang terjatuh kedalam neraka Jahannam. 
Adapun orang-orang munafik, mereka tidak mendapat cahaya, maka merekapun kembali, namun berdirilah pagar pemisah antara nereka dan orang-orang mukmin. 
Lalu mereka menyeberangi shirat, maka satu persatu dari mereka berjatuhan kedalam api neraka.


Neraka

Yang Masuk kedalam neraka  orang-orang kafir, kemudian orang-orang mukmin yang berdosa, kemudian orang-orang munafik. 

Dari setiap 1000 orang yang masuk adalah  999 orang. 

Neraka mempunyai  7 pintu.  

Apinya lebih panas 70 kali dari api dunia. 

Tubuh orang kafir didalam neraka  menjadi besar agar merasakan pedihnya siksaan. 
maka 

jarak antara kedua pundaknya menjadi sejauh perjalanan 3 hari, 

gigi gerahamnya sebesar gunung uhud, 

kulitnya menjadi tebal, setiap kali kulit itu hangus diganti dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan siksaan. 

Minuman mereka adalah  air yang sangat panas dapat mencabik-cabik usus mereka. 

Makanan mereka adalah pohon Zaqqum (sejenis pohon yang tumbuh dineraka), Ghislin (darah dan nanah yang keluar dari daging penghuni neraka) dan Shadid (darah yang bercampur dengan nanah). 

Yang paling ringan siksanya adalah orang yang kedua telapak kakinya beralaskan bara api sehingga otaknya mendidih. Dalam neraka terdapat pembakaran kulit, pelelehan, penghangusan, penyeretan, belenggu dan rantai. 

Neraka dasarnya sangat dalam sekali, sekiranya seorang anak baru lahir dilemparkan kedalamnya, setelah 70 tahun baru mencapai dasar tersebut. 

Bahan dasarnya adalah  orang-orang kafir dan batu, 

udaranya adalah  angin yang sangat panas, 

naungannya adalah  asap yang hitam pekat, 

pakaiannya api yang memakan segala sesuatu tanpa meninggalkan sisa. Ia menggeram, bergemeretak dan membakar kulit hingga sampai ketulang dan jantung.



Qantharah (Jembatan)

Nabi sollallohu alaihi wasalam bersabda 
"Orang-orang mukmin selamat dari neraka, namun mereka ditahan diatas Qantharah (jembatan) antara surga dan neraka, maka ada diantara mereka dipotong kebaikannya dan diberikan kepada orang lain karena kezaliman yang pernah dilakukannya ketika didunia. Setelah dibersihkan dan disucikan dari semua itu, merekapun diijinkan untuk masuk kesurga. 

Demi Alloh yang jiwa Muhammad berada ditanganNya, sungguh salah seorang dari mereka lebih mengetahui rumahnya disurga daripada rumahnya ketika masih didunia.

Surga

Surga adalah 

tempat kediaman bagi orang-orang mukmin. 
Bangunannya terbuat dari perak dan emas, adukannya dari minyak kasturi, kerikilnya dari mutiara dan batu permata, dan debunya dari za'faron. 

Surga mempunyai  8 pintu. 

Setiap pintu lebarnya sejauh 3 hari perjalanan, akan tetapi pintu tersebut penuh sesak. 

Disurga terdapat  100 tingkatan, 
jarak antara 1 tingkatan dan tingkatan lainnya seperti antara jarak langit dan bumi. 

Tingkatan yang paling tinggi adalah Firdaus. 
Dari Firdaus inilah mengalir sungai-sungai surga. 

Atap dari Firdaus ini adalah  Arsy Ar Rahman. 

Sungai-sungai surga adalah  madu, susu, khamr dan air yang mengalir tanpa arus. 
Orang mukmin mengalirkannya sekehendak hatinya. Buahnya tiada henti, dapat dipetik dari dekat dan mudah. Didalam surga ada tenda berongga yang terbuat dari mutiara, lebarnya 60 mil. Pada setiap sudut ada penghuninya, mereka itu mulus tubuhnya, tidak berbulu, tidak berkumis dan mata mereka seakan-akan memakai celak. Tetap terjaga kemudaan mereka, dan tidak binasa pakaian mereka. Mereka tidak buang air kecil maupun besar dan juga tidak kotor. Sisir mereka terbuat dari emas dan keringat mereka bagaikan minyak kasturi. Bidadari surga semuanya cantik jelita, perawan, penuh cinta kasih dan umur mereka sebaya. 

Yang pertama kali masuk surga adalah 

nabi Muhammad sollallohualaihi wasallam dan para nabi. 

Ahli surga yang paling rendah tingkatannya adalah 

orang yang berangan-angan sesuatu lalu diberi 10 kali darinya. 

Para pelayang surga adalah 

anak-anak muda yang tetap muda. 
Mereka bagaikan mutiara yang bertaburan.

adapun 

nikmat surga yang paling agung adalah 

melihat Alloh dan keridhoannya, serta keabadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar