Sabtu, 09 Februari 2013

Kanker Payudara

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita 

yang Bekerja di Shift Malam



Wanita yang terbiasa bekerja di tengah malam punya risiko tinggi mengalami kanker payudara. Kemungkinannya bahkan meningkat sampai empat kali lipat. 

Penyebabnya adalah terganggunya pola tidur yang akhirnya mengganggu kerja hormon melatonn dalam melakukan detoksifikasi racun di tubuh. Padahal, homon ini hanyadiproduksi saat kondisi tubuh lelap tanpa ada cahaya.

Ancaman ini melakat pada wanita yang sering kena shift malam. Mereka 40 persen lebih berisiko mengalami masalah kanker payudara dibanding yang bekerja saat siang. Sementara itu, wanita yang menghabiskan satu pekan untuk bekerja malam tiga kali atau lebih selama enam tahun berturut-turut, potensi kena kanker payudara meningkat dua kali.

Hasil penelitian menunjukkan sering kerja shift malam meningkatkan risiko untuk kanker payudara. Dan risiko menjadi lebih tinggi saat durasi shift malam berlangsung lebih lama.

Bekerja malam hari mengganggu jam biologis seseorang. Jika dilakukan sesekali saja mungkin tidak terlalu berpengaruh. Namun, kalau sudah menjadi rutinitas untuk bekerja hingga tengah malam, bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar