Sabtu, 09 Februari 2013

Muadzin Pertama di Dunia

||Bilal Bin Rabbah: Muadzin Pertama di Dunia|| 
Sejarah

Bilal MudzinBilal bin Rabbah seorang budak berkulit hitam yang hidup semasa Rasulullah Saw. Perawakannya kurus dan tinggi, bercambang tipis. Meski seorang budak, tapi di mata Rasulullah dan para sahabat Bilal merupakan sosok yang dimuliakan.

Budak adalah masa lalunya, nama majikannya adalah Umayah bin Khalaf, salah seorang pembesaar Quraisy. Pernah suatu hari Umayah memperbincangkan sosok Rasulullah Saw, Bilal mendengarnya bahwa selluruh orang Mekkah kagum kepada sosok Rasulullah Saw., karena Nabi Muhammad terkenal menjaga amanah dan takpernah berdusta. Tapi Umayah tetap saja membenci Rasulullah Saw. Lain halnya dengan Bilal, dia memantapkan dirinya untuk memeluk ajaran Rasulullah Saw., agama islam.

Kabar masuknya Bilal memeluk agama Islam membuat marah Umayah bin Khalaf. Karena dia berpikir dengan begitu Bilal sudah mencoreng harkat dan martabat tuannya. Hingga akhirnya Bilal dihukum selaku budak oleh majikannya. Bilal diperlakukan kasar oleh Umayah, tubuhnya diikat dan dirobohkan kemudian badan Bilal ditindih dengan batu besar dengan mata menghadap langit yang bila siang akan terasa menyilaukan terkena silauan matahari.

Bilal pun diarak ke seluruh wilayah Quraisy oleh Umayah dan dipaksa untuk kembali ke ajaran agama yang awal, yaitu menyembah berhala lata dan uzza. Namun, Bilal takgoyah dengan ancaman dan siksaan yang diberikan tuannya, sama sekali permintaan Umayah tidak dipenuhi Bilal.

Bilal sedang disiksa dari pagi hingga waktu dhuhur, Bilal selalu mengucapkan lafal, "Ahad". Karena Bilal bersabar, semakin membuat Umayah marah sehingga akhirnya, Bilal digelandang menuju padang tandus dan panas oleh terik matahari. Saat sedang mengalami penderitaan, tiba-tiba datang Abu Bakar Ashidiq. Melihat kejadian yang miris itu, tanpa berpikir panjang, Abu Bakar memutuskan menebus Bilal untuk dimerdekakan. Sejak saat itu, Bilal adalah pemeluk islam yang taat.

Hingga setelah turun ayat tentang shalat 5 waktu yang harus ditandai dengan ajakan shalat, Rasulullah Saw. meminta amal shaleh Bilal untuk menyerukan ajakan shalat bagi seluruh umat islam yang mendengarkan ajakan Bilal di daerah sekitar hingga sejauh orang mendengar seruan ajakan Bilal bin Rabbah. Itulah sekilas tentang, "Bilal Bin Rabbah: Muadzin Pertama di Dunia". |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar