Minggu, 10 Februari 2013

Menjemur Bayi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Benarkah Kebiasaan Menjemur Bayi, 


Baik bagi Kesehatan?



Menjemur bayi di waktu pagi kerap dilakukan oleh keluarga Indonesia, sebagai kebiasaan yang secara arif diturunkan dari nenek buyut kita. Alasannya adalah agar tulang bayi menjadi kuat. Tapi, benarkah kepercayaan ini?

Fungsi sinar matahari pagi salah satunya adalah membantu terbentuknya vitamin D yang bermanfaat sekali untuk proses pembentukan tulang. Dengan adanya vitamin D, maka kalsium dapat diserap oleh darah dan dibawa ke tulang hingga massa tulang bertambah.

Selain itu, sinar matahari pagi juga bisa
memecah bilirubin yang menjadi penyebab bayi kuning. Kehangatan yang dirasakan oleh bayi yang dijemur pada pukul antara 06.00-07.30 pagi bisa membuat bayi nyaman dan lebih tenang.

Lendir yang biasanya kerap hadir di tenggorokan dan menyebabkan bayi bunyi saat bernafas pun dapat hilang dengan menjemur bayi di pagi hari.

Waktu untuk melakukan penjemuran pun tak perlu terlalu lama. Hanya maksimal 15 menit saja, namun secara rutin dilakukan setiap hari untuk hasil yang terbaik.
Tidak hanya untuk bayi yang baru lahir, bagi ibu hamil pun berjemur di bawah sinar matahari pagi amat disarankan.

Nah, beruntunglah Anda yang tinggal di negara beriklim tropis, sebab kemungkinan pertumbuhan tulangnya lebih sehat dan baik. Tentu ditunjang asupan makanan yang bergizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar