Minggu, 03 Februari 2013

Persahabatan, rahasia langgengnya hubungan cinta


Persahabatan, rahasia langgengnya hubungan cinta



Persahabatan, rahasia langgengnya hubungan cinta

Tak semuanya tentang seks. Rahasia hubungan cinta yang tahan lama adalah rasa persahabatan di antara pasangan. Orang yang menjadi teman baik pasangannya diketahui lebih setia, lebih penyayang, dan lebih puas secara seksual, ungkap penelitian.

Sebaliknya, orang yang bersikap egois dan berusaha memuaskan keinginan mereka sendiri seringkali tak memiliki hubungan cinta yang bertahan lama.
"Hubungan romantis didasarkan pada pertemanan. Persahabatan yang kuat akan menghindarkan pasangan dari perpisahan. Kualitas pertemanan sebagai pasangan juga menentukan kualitas hubungan romantis mereka," ungkap ketua peneliti Laura VanderDrift dari Purdue University di Indiana.
"Seharusnya pasangan mementingkan untuk membangun aspek persahabatan mereka dengan pasangan dibandingkan dengan aspek lain, karena tingkat persahabatan itu bisa membantu hubungan bertahan lama," tambah VanderDrift, seperti dilansir oleh Daily Mail(28/01).
Hal ini ditemukan peneliti setelah melakukan dua eksperimen. Yang pertama mereka mengamati 190 mahasiswa yang telah menjalin hubungan romantis selama 18 bulan. Mereka diminta untuk memberikan data terkait rasa persahabatan dengan pasangan. Setelah empat bulan, mereka kembali dihubungi. Peneliti mendapati bahwa sekitar 27 persen partisipan sudah tidak menjalin hubungan romantis.
Partisipan yang memiliki nilai tinggi mengenai pertemanan dan persahabatan terhadap pasangan diketahui memiliki tingkat komitmen, kesetiaan, dan kepuasan yang tinggi juga. Mereka yang membangun persahabatan dengan pasangan juga diketahui memiliki waktu hubungan yang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar